TEKNOLOGI
INFORMASI DAN MULTIMEDIA
Oleh
:
Riki
Misgiantoro 1214131084
JURUSAN
AGRIBISNIS
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2013
KEUNGGULAN
BERSAING DAN DEFINISI MULTIMEDIA
A.
Keunggulan Bersaing Perusahaan
Keunggulan
bersaing menurut Porter (1986) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk meraih
keuntungan ekonomis di atas laba yang mampu diraih oleh pesaing di pasar dalam
industri yang sama. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif senantiasa
memiliki kemampuan dalam memahami perubahan struktur pasar dan mampu memilih
strategi pemasaran yang efektif. Studi yang dilakukan Porter selanjutnya
menetapkan strategi generik yang diklasifikasikan dalam tiga kategori, yaitu
cost leadership, diferensiasi, dan focus. Pilihan tiap-tiap perusahaan terhadap
strategi generik di atas akan bergantung kepada analisis lingkungan usaha untuk
menentukan peluang dan ancaman. Menurut Tjiptono (2001), strategi pemasaran
yang dapat dipilih oleh perusahaan yang menerapkan strategi produk diferensiasi
agar senantiasa memiliki keunggulan bersaing di pasar dapat dilakukan dengan
melakukan pilihan terhadap strategi berikut ini.
a..
Diferensiasi Produk
Kreativitas
yang tinggi dalam menciptakan keunikan produk yang lebih menarik, sejuk, aman,
nyaman, menyenangkan, karyawan yang ramah, terampil, berwawasan, dan mampu
mewujudkan dalam keseharian sehingga lebih diminati oleh konsumen bandingkan
dengan produk pesaing lainnya.
b.
Diferensiasi Kualitas Pelayanan
Kreativitas
yang tinggi mengharmonisasikan unsur-unsur marketing mix : product, place,
price, promotion, people, packaging, programming patnership sehingga kualitas
jasa yang dirasakan oleh konsumen melebihi harapan.
c.
Diferensiasi Citra
Citra
identik dengan atribut adalah sebuah karakteristik, yang khusus atau pembeda
dari penampilan seseorang atau benda. Diferensiasi citra adalah bauran yang
tepat dari elemen pencitraan, yang menciptakan citra sebuah merek. Proses
pencitraan harus membangun, memaksimalkan, memanfaatkan, dan mengekploitasikan
kekuatan dan kelemahan setiap elemen citra untuk memastikan bahwa merek itu
memiliki prospek yang baik secara terus- menerus (Zyman, S, 2000 : 95).
B.
Strategi Perusahaan Dalam Bersaing
Keungulan
bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi sehingga masalah
dalam bersaing adalah masalah dalam berkomunikashi. Strategi positioning
sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Periklanan merupakan bentuk komunikasi
dari sudut pandang penerima. Jika berhasil dalam periklanan, kemungkinan akan
berhasil dalam bidang bisnis atau aktifitas lain yang membutuhkan komunikasi
massa. Dan multimedia berperan penting dalam periklanan. Untuk menguasai
multimedia harus dimulai dengan definisi multimedia. Dalam industri
elektronika, multimedia adalah kombinasi 3 elemen, yaitu audio, picture, and
teks (McCrmick, 1996).
Multimedia mempunyai peranan penting dalam
bidang bisnis karena dipakai sebagai alat untuk bersaing perusahaan Multimedia
memiliki kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan
antara pandangan, suara, dan gerakan. Multimedia dipakai oleh perusahaan dunia
menyediakan material pemasaran kepada dealernya yang akan mengiklankan di news
letter, televisi atau internet. Maka multimedia sangat efektif , menjadi tool
yang ampuh untuk meraih keunggulan bersaing perusahaan ( Yuhar, 2010).
C.
Sejarah dan Perkembangan Multimedia
Istilah
multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Dimana
pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni
manusia sebagai bagian dari pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir
1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan
pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual
Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut,
hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia.
Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system
multimedia di pasaran.
Citra
visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak yang
menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner
optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon, pita kaset dan compact
disk.
Perkembangan
multimedia menurut Morgan Stanley :
1.
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat:
2.
Televisi membutuhkan waktu 13 tahun
3.
TV Kabel membutuhkan waktu 10 tahun
4.
Internet membutuhkan waktu 5 tahun
5.
Perkembangan multimedia umumnya mengikuti perkembangan internet
6. Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari
200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
7.
Layanan multimedia online sedang mengalami booming ( Anonom, 2013). 8. Teknologi
komputer, elektronik dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia yaitu
mobile multimedia
D.
Definisi Multimedia dan Nilai Pentingnya
Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar, video, and animasi dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi (Hofstetter, 2001)..
Multimedia
adalah kombinasi paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapat
berupa audio, animasi, video, teks, grafik dan gambar (turban dan kawan-kawan).
Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin
dan Linda, 2001).
Multimedia memiliki nilai penting
dan manfaat yang beragam, seperti penggunaan dibawah ini :
·
Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan
multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni
komersial,
·
Komersial
Presentasi yang menarik digunakan
untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali
dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun
dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia
·
Hiburan dan seni rupa
Selain itu, multimedia ini berisi
banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek
khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana
permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi
dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk
berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
·
Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia
digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi
seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui
serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang
terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah
yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan,
terutama hiburan multimedia.
·
Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan
multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan
pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia sebagai desain
antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas
dan perangkat lunak
·
Perindustrian
Di sektor industri, multimedia
digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang
saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan
pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak
terbatas melalui web berbasis teknologi.
·
Matematika dan penelitian ilmiah
Dalam matematika dan penelitian
ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya,
seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan
memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat
ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
·
Kesehatan
Dalam Pengobatan, dokter dapat
dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan
bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri
dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya (Faladiah, 2013).
DAFTAR PUSTAKA
Anonym. 2013. Sejarah Multimedia dan
Perkembangannya. http://
sheto memo riiez . blogspot.com/ 2013 /04/ sejarah-multimedia-dan-
perkembangannya . html. Diakses pada 15 Desember 2013.
Faladiah.
2013. Definisi dan Manfaat Multimedia. http://falladiiah.
wordpress. com/ 2013/04/07/definisi-sejarah-dan-manfaat-multimedia. Diakses pada 15 Desember 2013
Yuhar.
2010. Multimedia Untuk Meningkatkan Keunggulan
Bersaing Bisnis Anda. http://forum.viva.co.id/umum/25418-multimedia-untuk-meningkatkan-keunggulan-bersaing-bisnis-anda.html. Diakses pada 15 Desember 2013.
0 komentar:
Posting Komentar